Sunday 1 June 2014

Salam Sya'aban

Assalamualaikum,

Salam Sya'ban.. 

Bulan Sya’ban adalah bulan Nabi, merupakan salah satu bulan yang dirahmati oleh Allah SWT, dimana pada bulan ini terdapat apa yang dinamakan malam nisfu Sya’ban.




Malam Nisfu Sya'ban jatuh pada tanggal 15 Sya’ban 1434 bersamaan dengan 13 Jun 2014 (hari khamis malam jumaat). Jadi jika ingin Puasa Nisfu Sya’ban, pada hari Jumat 13 Jun 2014.

Dalam hadis Ali, Rasulullah bersabda: "Malam nisfu Sya'ban, maka hidupkanlah dengan salat dan puasalah pada siang harinya, sesungguhnya Allah turun ke langit dunia pada malam itu, lalu Allah bersabda: "Orang yang meminta ampunan akan Aku ampuni, orang yang meminta rizqi akan Aku beri dia rizqi, orang-orang yang mendapatkan cobaan maka aku bebaskan, hingga fajar menyingsing." (H.R. Ibnu Majah dengan sanad lemah). 

Ulama berpendapat bahwa hadis lemah dapat digunakan untuk Fadlail A'mal (keutamaan amal). Walaupun hadis-hadis tersebut tidak sahih, namun melihat dari hadis-hadis lain yang menunjukkan kautamaan bulan Sya'ban, dapat diambil kesimpulan bahwa malam Nisfu Sya'ban jelas mempunyai keuatamana dibandingkan dengan malam-malam lainnya.

Antara Peristiwa di Bulan Sya’ban:

* Malam Nisfu Sya’ban pada 14 Sya’ban. Keagungan malam Nisfu Sya’ban seumpama keagungan Rejab dengan malam Isra’  Mikrajnya dan keagungan Ramadhan dengan Lailatul Qadarnya.

* Berlaku penukaran qiblat dari Masjidil Aqsa di Baitul Maqdis ke Kaabah di Masjidil Haram, Mekah pada 15 Sya’ban.

* Berlaku peperangan Bani Mustalik pada bulan Sya’ban tahun kelima hijrah. Kemenangan berpihak kepada Islam


* Perang Badar yang terakhir pada tahun keempat Hijrah.


Sama-samalah kita mengejar keredhaannya di bulan Sya'ban ini...




No comments:

Post a Comment

Popular Posts